Mungkin ada sebagian dari kita yang belum tahu apa itu sugesti ... Mungkin ada di antara kita yang tanpa sadar telah mempergunakan sugesti dalam beraktivitas sehari-hari, tetapi belum kenal istilah sugesti ... Dan, mungkin juga sudah banyak orang yang sudah mengenal, paham dan bisa menempatkan/mempergunakan sugesti tersebut pada/untuk kepentingan-kepentingan yang bersifat positif dan tidak >merugikan orang lain.
Sugesti adalah sebuah ilmu penghantar materi dan media untuk menyampaikan suatu maksud tertentu dengan kata-kata yang menarik kepada orang yang dituju. Dengan kata lain sugesti adalah sebuah ilmu untuk meyakinkan orang lain hanya berbekal rangkaian kata/ucapan. Seperti seorang dokter, ia menerapkan sugesti untuk memberi saran dan nasehat-nasehat yang bersifat mutlak untuk diikuti/taati oleh sang pasien agar bisa sembuh dari sakitnya. Seperti juga seorang guru saat megajar para muridnya.
Seorang guru mempergunakan sugesti untuk menyampaikan materi ilmu kepada murid-muridnya. Dalam hal ini sang murid harus mencermati setiap kata yang diucapkan oleh sang guru jika dia ingin pintar. Dengan kata lain murid harus patuh/manut "opo jare guru" pada saat sang guru menyampaikan materi atau teori, itu jika sang murid ingin mendapatkan ilmu dari guru.
Di bidang marketing, seorang sales wajib mempergunakam sugesti untuk bisa menjual produknya dengan menyakinkan calon konsumen tentang kualitas dan manfaat produk yang sedang dia tawarkan/jual tersebut. Kita juga akan sering menjumpai segesti dalam acara hiburan dan acara-acara di televisi, seperti sulap yang bernapaskan hipnotis, dan kuis-kuis interaktif.
Jadi intinya ilmu sugesti adalah ilmu untuk meyakinkan orang lain dengan kata-kata atau membuat orang lain menjadi tertarik/percaya untuk kemudian mengikuti apa yang kita inginkan. Jika kita tinjau dari hakikat ilmu, apapun jenis ilmu tersebut bisa dipergunakan untuk hal positif dan bisa juga dipergunakan untuk hal yang bertujuan negatif.
Ada pendapat yang menyebutkan bahwa keberadaan ilmu terbagi menjadi dua golongan. Pertama adalah golongan ilmu "PUTIH' yang bisa membawa manfaat. Yang kedua adalah golongan ilmu "HITAM" yang bisa membuat orang sengsara dan tersiksa. Menurut penulis, pendapat seperti itu tidak mutlak benar. Karena segala dampak yang bersifat positif dan negatif dari sebuah ilmu itu tergantung pada si pengguna ilmu tersebut.
Seperti halnya saat kita naik motor, kita punya tujuan akan ke mana kita dengan naik motor itu, dan ketika dalam perjalanan kita bisa sesuka hati mau belok ke kanan/kiri. Penggunaan ilmu juga bisa kita ibaratkan dengan pola/standar makan kita sehari-hari. Setiap orang punya standar dan kapasitas makan yang berbeda-beda, tetapi orang Jawa umumnya makan sehari tiga kali, atau sama dengan tiga piring sehari.
Bisa kita tebak apa yang akan terjadi jika kita makan melebihi porsi/standar dan kapasitas perut kita. Dalam jangka pendek makan terlalu banyak bisa membuat kita sakit perut. Sedangkan untuk jangka panjang, banyak penyakit yang menanti kita, jika pola makan kita masih tak teratur dan masih sering makan secara berlebih tanpa memperhatikan kapasitas yang ada.
Nah, itu sebabnya banyak orang jadi stres/gila gara-gara mempelajari dan menerapkan sebuah ilmu yang tidak sesuai dengan kapasitas/level yang ada pada dirinya. Ternyata, ilmu sugesti juga bisa berdampak negatif pada psikologis seseorang, jika doktrinnya terlalu tinggi melebihi dosis sugesti pada bidangnya. Hal semacam itu bisa dilihat pada kasus-kasus penipuan.
Seorang korban penipuan pasti akan memgalami stres dan mungkin bisa gila, jika mental si korban tidak kuat. Akhir-akhir ini para ahli banyak yang membuat konsep, rumus dan penemuan baru yang bisa di sebut sebagai ilmu. Dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti sekarang ini, banyak profesor-profesor di dunia berlomba membuat rumus dan ilmu baru.
Ada profesor yang berusaha mencari penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi sesama dan untuk lebih mempermudah serta semakin memanjakan manusia dengan teknologi terbaru yang mereka ciptakan. Tetapi ada juga profesor di negara maju yang dengan sengaja menciptakan ilmu justru untuk merusak alam atau membuat otak manusia terkontaminasi oleh ilmu yang dia ciptakan. Mungkin tujuan yang sebenarnya adalah untuk mematikan potensi-potensi SDM yang berada di luar wilayah mereka, dan supaya tidak ada manusia yang lebih pintar selain dari golongan mereka.
Pada tahun 1994, ada satu peristiwa yang menyangkut ilmu dan berdampak negatif bagi warga NKRI. Pada saat itu ada wabah ilmu dari luar yang bikin heboh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Malang, dan Balikpapan. Di Surabaya, pada waktu itu yang menjadi virus adalah Multi Level Marketing. Di Surabaya MLM yang mencuat adalah PoMas = Pohon Emas (MLM berbentuk saham).
Lalu apa hubungannya dengan sugesti? Ternyata MLM dirancang dengan sebuah ilmu ekonomi yang dikenal dengan istilah Siklus Members System. Ilmu ekonomi Siklus Members System tersebut ternyata sarat dengan sugesti berdosis tinggi yang cenderung membodohi orang lain, dan memperdaya para members dengan khayalan belaka. Ironisnya para members yang seharusnya sebagai pelaku pada bisnis tersebut, justru dijadikan target sebagai konsumen tetap produk-produk MLM. Yang lebih hebat lagi para members tidak merasa dirugikan apa lagi tertipu oleh MLM.
Kalaupun ada di antara para members yang mengeluh, itu juga akan sia-sia belaka karena MLM ternyata tidak bisa disentuh dengan pasal-pasal KUHP. Itu karena sebelumnya para members sudah menyatakan bersedia untuk menjadi members, dan siapa yang bisa di gugat jika ada seoreng members yang merasa tertipu, sedangkan members yang levelnya di atas sang korban adalah juga korban MLM yang mungkin belum menyadari?
Kenapa rata-rata produk MLM itu adalah produk impor? Kenapa Siklus Members System belum diterapkan oleh merek produk-produk lokal? Mengapa Siklus Members System masih disebarluaskan sebagai salah satu ilmu ekonomi di Indonesia padahal sudah jelas merugikan orang lain bila diterapkan? Menurut penulis, Siklus Memers System tidak layak di sebut sebagai ilmu karena tidak bisa meningkatkan kemampuan SDM, dan merugikan orang lain jika diterapkan karena hanya menguntungkan seorang pemilik pabrik produk MLM saja.
Nah mari kita sama-sama mengkaji MLM secara logis. Seorang member MLM lebih cenderung untuk menarik orang lain menjadi member baru dari pada hanya menjual produknya. Coba kita bayangkan andai kata seluruh warga negara Indonesia menjadi member MLM lalu siapa yang akan menjadi konsumen? Pasti yang akan menjadi konsumen tetap adalah para members itu sendiri! Karena dari awal para members sudah teradopsi oleh sistem kekeluargaan yang diarahkan dari pusat MLM di luar negeri sebelum mereka menawarkan MLM-nya kepada orang lain.
Sudah hampir 9 tahun (mungkin) MLM masuk ke Indonesia melalui negara tetangga Malaysia dan Singapura.. Sejak tahun 2002 MLM mulai menyebar dari kota hingga ke pelosok desa terpencil. Dan, tidak cuma satu merek MLM yang tersebar, sekarang sudah lebih dari lima belas merek MLM merata di seluruh wilayah Indonesia. Target yang dibidik MLM juga tidak pandang bulu. Mulai dari para pejabat, akademitis, pelajar, pegawai negeri, dan sekarang menyentuh petani di desa dengan produk pupuk.
Kenapa sampai sekarang belum ada tindakan tegas dari pemerintah? Haruskah nasib rakyat dipertaruhkan untuk hanya demi IMF? Atau mungkin takut terkena embargo ekonomi dari AS? Jika memang pemerintah berani ambil sikap untuk memblokir MLM dan Siklus Members System dari ilmu ekonomi, itu akan menyelamatkan nasib masa depan bangsa Indonesia dari himpitan negara asing.
Seandainya pemerintah tidak kuasa untuk ambil sikap karena masih sangat tergantung pada IMF, setidaknya Departemen Pendidikan RI wajib menghapus Siklus Members System dari kurikulum ilmu ekonomi. Karena menurut penulis, Siklus Members System yang menjadi landasan MLM itu adalah ilmu monopoli dari IMF. Dengan dibantu para ulama, tokoh masyarakat, intelektual, aktivis dan seluruh lapisan masyarakat yang harus peduli untuk membebaskan para members MLM.
Karena kita adalah saudara satu bangsa, walau mungkin ada di antara kita yang masih bisa berkelit untuk tidak menjadi members, tapi secara tidak langsung kita semua ikut terkena imbasnya. Seperti dulu saat kita masih di jajah dengan senjata, maka kita bersatu melawan dengan senjata pula. Tetapi sekarang lawan kita mempergunakan ilmu untuk menyerang otak/pikiran kita, maka harus kita lawan bersama dengan segenap ilmu dan kemampuan yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita.
Mari kita barjihad tanpa harus ada korban jiwa. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab orang terpengaruh oleh sugesti, cara untuk membentengi diri dari sugesti yang negatif.
Dan, Penulis juga sisipkan usulan contoh UU sugesti kepada pemerintah, beserta bukti-bukti penyalahgunaan sugesti pada beberapa bidang yang terkait. Orang yang terpengaruh sugesti adalah; pertama, orang yang awam. Kedua, labil (a. Labil karena pendirian yang kurang kuat. b. Labil karena pada saat di serang sugesti dia sedang dalam masalah)
Cara untuk membentengi diri dari sugesti; Saat kita menghadapi sugesti, kita boleh menyimak setiap kata yang diucapkannya, sambil kita fokus mencari hal-hal yang ganjil/tidak masuk akal di balik kata-katanya. Harus diingat bahwa sugesti yang positif adalah tanpa kata-kata yang ganjil.
Contoh Undang - Undang Sugesti
Bidang bidang yang terkait dengan sugesti :
1. Kesehatan/Medis/Pengobatan alternatif.
2. Pendidikan formal/nonformal.
3. Agama,dakwah/.penyebaran ajaran lima agama resmi di Indonesia .
4. Pemasaran produk secara langsung kepada konsumen atau dengan calo.
5. Jasa menyampaikan informasi, Asuransi, Pelayanan Umum.
6. Politik, partai politik yang menawarkan visi dan misi.
7. Hiburan yang menggunakan sugesti/hipnotis.
8. Promosi/iklan melalui media cetak dan elektronik
Contoh Pembatasan Sugesti pada masing-masing bidang :
1. Kesehatan/Medis/Pengobatan alternatif
Pengobatan yang tidak mengarah pada kesembuhan atau belum ada bukti yang nyata tentang kesembuhan pasien.
2. Pendidikan formal/nonformal.
Pendidikan yang mengajarkan ilmu pengetahuan tanpa merugikan orang lain dan tidak mengurangi kemampuan sumber daya manusia seperti Siklus Members Sistem (sebuah ilmu Ekonomi yang harus di hapus).
3. Agama,dakwah/.penyebaran ajaran lima agama resmi di Indonesia .
Penyebaran ajaran yang menyangkut keyakinan / agama diluar lima agama resmi di Indonesia.
4. Pemasaran produk secara langsung kepada konsumen atau dengan calo.
Pemasaran yang langsung kepada konsumen tetapi tidak sesuai dengan kualitas produk. Dengan melalui calo, maksimal berantai 3 orang.
5. Jasa menyampaikan informasi, Asuransi, Pelayanan Umum.
Produk asuransi yang tidak bisa membuktikan secara nyata pada klien.
6. Politik, partai politik yang menawarkan visi dan misi.
PenyampaianVisi dan Misi partai politik yang bersifat memperdaya / membodohi.
7. Hiburan yang menggunakan sugesti/hipnotis.
Hipnotis pada pertunjukan sulap yang berdampak bagi penonton setelah pertunjukan berakhir. Kuis interaktif di televisi pada tengah malam.
8. Promosi/iklan melalui media cetak dan elektronik. Iklan pada media cetak dan elektronik yang bersifat menipu. "Selamat berjihad"
Selasa, 23 Juni 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar